Thursday, 25 Jul 2024
  • Disinilah lahirnya para penghafal al-Qur'an yang fasih & rasikh
  • Disinilah lahirnya para penghafal al-Qur'an yang fasih & rasikh

Kajian Tadabbur al-Qur’an Juz ke-11

Pointers Kajian Tadabbur al-Qur’an Juz ke-11:

1. Melanjutkan kisah orang-orang Munafik, lalu orang-orang baduy yg baik dan buruk, serta kaum Muhajirin dan Anshor. Ayat-ayat tersebut menjelaskan golongan-golongan yg berada pada masyarakat Madinah.

2. Coba renungkan korelasi kata ‘w as-sabiqun’ (dan para pendahulu) pada surat at-taubah dan ‘w as-sabiqun’ pada surat al waqiah, yg menjelaskan tentang kemuliaan mereka, serta penjelasan bahwa sebagian mereka dari umat terdahulu dan sedikit dari mereka dari umat akhir zaman… Maka berusahalah menjadi yg sedikit tersebut….!!! 3. Penyebutan Masjid ad-Dhiror dan keburukan niat saat membangunnya. oleh karena itu, Allah melarang Nabi-Nya untuk sholat di dalamnya. Lalu disebutkan Masjid yg lebih patut dijadikan tempat sholat. Dari sini ditarik kesimpulan, bahwa yg jadi ‘patokan’ adalah kebenaran niat, bukan kemegahan bangunan fisik.

4. Sifat-sifat orang yg menjual/mengorbankan dirinya untuk Allah, serta larangan kepada Nabi Shalallahu alaihi wa sallam dan orang-orang beriman untuk memohonkan ampunan untuk orang-orang musyrik.

5. Ketika hati dipenuhi dengan api kemaksiatan, ingatlah 3 orang sahabat yg sempat diasingkan karena bermaksiat (tidak ikut jihad)… Renungkanlah baik2… .

This article have

0 Comment

Leave a Comment